Find What You Need

21 Des 2009

Membuat Soto WanaKing (Khas Wanaraja)

Resep Masakan Soto Bisa dari  Daging Ayam  dan Sapi

Penasaran enggak tuh sama judul masakan ini "Membuat Soto WanaKing", atau barangkali baru dengar ya' nama soto wanaking ? .ya jelas aja baru dengar,lhah saya sendiri yang namain masakannya.he..hee...

 Kenapa saya namakan "WanaKing", soalnya para remaja dan  muda-mudi di daerah saya sekarang ini menyebut daerah "Wanaraja" jika ada acara di radio atau sebangsanya, kalau di tanya sama pembawa acarnya selalu menyebut WanaKing.


  Sedikit "ngadongeng" dulu nih kata orang Sundamah, dulu di daerahku ada seorang penjual masakan(orangnya sudah wafat),cuma masakan yang dijualnya cuma satu macam yaitu "Sayur Soto" (dulu sebutannya kalo mau beli soto) dan nasi saja. Tapi jangan dikata deh lezatnya.Mungkin untuk saat itu enggak ada dua kelezatannya. Sayangnya , setelah si empunya wafat enggak ada yang nerusin, padahal rame banget pembelinya.

  Mau tahu seperti apa lezatnya Soto Wanaking, pingin ngerasain nikmatnya makan Sayur Soto. Berhubung penjualnya sudah enggak ada, jadi saya buatin resepnya aja yaa..

Sok dicoba nya :

Bahan :
500 gram babat, rebus sampai empuk. air bekas rebusannya buang .Potong kotak kecil
1.250 ml kaldu daging
2 cm jahe, dimemarkan
2 tangkai serai, dimemarkan
kecap manis

Bumbu halus :
4 siung bawang putih
1/2 sendok teh merica
2 sendok teh garam

Sebagai Pelengkap :
200 gram lobak
100 gram kacang kedelai, digoreng
1 tangkai daun seledri, iris
air jeruk nipis, biar segeeeeer
sambal kecap cabe rawit (buatnya Suka-Suka Anda)

cara membuat :
  1. Rebus babat, jahe, serai dan bumbu halus di dalam kaldu daging sampai mendidih
  2. Potong lobak lalu rebus dalam wadah yang lain(biar nantinya kuah soto enggak bau lobak), tiiskan (tiriskan). Rendam kacang kedelai, lalu goreng sampai renyah
  3. Sayur soto siap di santap, yang suka pakai kecap manis atau cabe rawit, silahkan tambahkan. Enaknya sih panas-panas di makannya.
Catatan : Kaldu daging dibuat dari daging tetelan 250 gram . Daging ini nantinya bisa dimakan bareng sama babat.
NB : Resep diatas bukan dari penjual yang di sebut diatas. Ini sekedar perbandingan aja. Jika resep ini enak menurut anda, yang di jual dulu lebih enak dari ini (menurut saya).

                                         ****Selamat Mencoba****

Untuk mendapatkan informasi dan postingan terbaru dari blog ini, silahkan ketikkan email anda di form berlangganan. Gratiiiis...

Berlangganan Lewat RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Biar tambah semangat nulis blognya,ketikkan saran dan komentar. Walaupun singkat tetapi saran dan komentar yang anda berikan sangat berarti buat blog ini.

Ketikkan Karakter Jika Ingin Memasang Emoticon.
:)):)];));;):D;):p:((:):(:X=((:-o:-/:-*:|8-}~x(:-tb-(:-Lx(=))

Artikel Yang Lainnya

 

My Best Friend

Mengenai Saya

Foto saya
Sebagai tempat belajar dan menyimpan arsip jika saya membutuhkannya suatu waktu, dan semoga menjadi ilmu yg Bermanfaat bagi Orang yang membacanya .

Visitor

free counters

Belajar Bersama Copyright © 2009 Template Wanaking Di Desain Ulang Oleh Albaniyu | Blogger Template