Find What You Need

9 Des 2009

Tidak Susah Membuat Blog Di Blogspot


Blog merupakan singkatan dari "web log" adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Posting-posting tersebut seringkali dimuat dalam urutan secara terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web semacam itu biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

Situs-situs web yang saling berkaitan berkat weblog, atau secara total merupakan kumpulan weblog sering disebut sebagai blogosphere. Bilamana sebuah kumpulan gelombang aktivitas, informasi dan opini yang sangat besar berulang kali muncul untuk beberapa subyek atau sangat kontroversial terjadi dalam blogosphere, maka hal itu sering disebut sebagai blogstorm atau badai blog.

Ada banyak penyedia situs blog, diantaranya yang paling terkenal adalah Blogspot ( yang punya-nya adalah mbah Google) dan wordpress. Nah ,yang akan kita bahas kali ini adalah bagaimana membuat Blog di Blogspot. Langsung saja deh ikuti langkah berikut ini : 

1. Buka alamat www.blogger.com pada browser Anda. Muncul halaman seperti ini




2. Login atau sign in di bagian kanan atas dengan account gmail anda (username dan password account  gmail), lalu klik sign in.

3. Jika anda baru pertama kali membuat sebuah BLOG di blogger.com maka langkah selanjutnya adalah mendaftar untuk BLOGGER. Isilah nama anda di bagian ‘nama tampilan’. Bagian ini akan muncul di halaman BLOG di bagian ‘About Me’.  Setelah selesai, silakan klik " LANJUTKAN ".

4. Langkah selanjutnya adalah ‘Name Your BLOG’. Di bagian ini kita di wajibkan untuk membuat sebuah nama untuk BLOG kita.
~ Blog Title : nama dari BLOG anda. Isilah nama yang anda inginkan. Blog title ini akan ditampilkan di bagian atas dari BLOG.
~ Blog address (URL) : nama dari link blog anda. Isilah atau pilihlan nama yang anda inginkan. Nama ini akan di pakai untuk membuka BLOG anda dalam bentuk URL (misal : http://cariilmumu.blogspot.com). Anda bisa klik ‘check availability’ untuk menge-check apakah nama yang anda pilih bisa dipergunakan atau tidak. Jika nama yang anda pilih tidak di perbolehkan maka akan muncul pesan error seperti pada gambar 2. Sedangkan jika nama pilihan anda di perbolehkan oleh blogger.com, maka akan muncul pesan seperti pada gambar 3. Selanjutnya klik ‘CONTINUE’.


Gambar. 2

Gambar. 3

5. Langkah selanjutnya adalah ‘choose template’ atau memilih salah satu template yang telah tersedia. Klik di radio button pada template yang anda inginkan. Jika ingin melihat template-nya lebih lengkap, klik ‘preview template’ di template yang ingin anda lihat.Anda dapat melihatnya di sebuah pop up window terbaru seperti pada gambar 4.


Gambar. 4

6. Setelah anda memilih template yang anda sukai, klik " CONTINUE " dan anda sekarang sudah mempunyai Blog. Anda tinggal mengisinya dengan content-content yang anda sukai. Jika anda ingin langsung mencoba mengisi BLOG tersebut, silakan klik ‘start posting’.



     Cobalah anda isi dulu dengan beberapa kalimat sebagai percobaan.  Selesai


**** Semoga Bermanfaat ****

  

Untuk mendapatkan informasi dan postingan terbaru dari blog ini, silahkan ketikkan email anda di form berlangganan. Gratiiiis...

Berlangganan Lewat RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Biar tambah semangat nulis blognya,ketikkan saran dan komentar. Walaupun singkat tetapi saran dan komentar yang anda berikan sangat berarti buat blog ini.

Ketikkan Karakter Jika Ingin Memasang Emoticon.
:)):)];));;):D;):p:((:):(:X=((:-o:-/:-*:|8-}~x(:-tb-(:-Lx(=))

Artikel Yang Lainnya

 

My Best Friend

Mengenai Saya

Foto saya
Sebagai tempat belajar dan menyimpan arsip jika saya membutuhkannya suatu waktu, dan semoga menjadi ilmu yg Bermanfaat bagi Orang yang membacanya .

Visitor

free counters

Belajar Bersama Copyright © 2009 Template Wanaking Di Desain Ulang Oleh Albaniyu | Blogger Template