Find What You Need

13 Jan 2010

Cara Membersihkan / Membasmi Virus Handphone, OS Symbian

Kali ini bahasan kita yaitu bagaimana mengatasi atau lebih tepatnya membersihkan virus -virus yang menyerang kebanyakan handphone nokia yang di senjatai operasi system symbian. Baik versi symbian 60 1st edition atau symbian 60 2nd edition. Handphone Nokia yang termasuk ke dalam versi tersebut antara lain, Nokia 6600, 6670, 6680, 3650, 3660, 3230, 7610, 7650, N70 dan type-type lainya yang menggunakan versi ini.


Virus-virus yang menyerang Handphone symbian antara lain : Guardian, Cabir, Comwarior, Appdisabler, PBStealer, Virus beseko, Locknut, Doomboot, Skulss, Cardtrap, RommWar dan yang lainnya. Kerusakan yang diakobatkan oleh virus-virus tersebut antara lain, aplikasi error, membuat handphone merestart terus, lambat dalam membuka aplikasi atau dengan kata lain loading nya lama, membuat baterai cepat habis, terus menerus mengirim sms, menginveksi melalui bluetooth dan masih banyak lagi.

Untuk membersihkan virus tersebut langkahnya cukup mudah apalagi jika anda punya komputer di rumah. Langkah-langkah ini sebenarnya bisa dilakukan pada postingan saya terdahulu yaitu mengenai pertolongan pertama memperbaiki handphone, cuma tidak khusus untuk menangani virus.

Nah sekarang saudara-saudara sekalian sudah siap belum untuk membasmi virus di handphone saudara ?. Jika sudah silahkan ikuti langkah -langkah berikut.

Langkah Pertama :
  1. Isi penuh Baterai handphone anda.
  2. Backup semua data seperti kontak ke Sim card.
  3. Backup semua file foto, gambar , audio file , video yang tersimpan didalam memori telepon ke memory card / MMC.
  4. Lepaskan MMC atau memory card dari Handphone anda.
Cara Pertama :
  1. Nyalakan Handphone anda. Tunggu hingga masuk pada tampilan seperti biasa.
  2. Masukan kode berikut *#7370#.
  3.  Jika muncul tampilan meminta kode, masukkan kode 12345 (default). Jika anda telah menggantinya, masukkan kode penggantinya.
  4. Handphone akan melakukan restart. Jangan pijit apapun sampai Handphone anda menyala kembali. selesai.
Cara Kedua :
  1. Handphone dalam keadaan mati dengan baterai tetap terpasang.
  2. Tekan tombol call , 3, dan * secara bersamaan, kemudian anda tekan tombol power atau on/off. Jangan lepaskan keempat tombol tersebut sampai di layar handphone muncul Formatting.
  3. Tunggu hingga format selesai dan handphone melakukan start ulang.
  4. Jika setelah restart, kemudian menyala dan tampil layar utama berarti proses telah selesai.
Sekarang handphone anda sudah bersih dari virus. Untuk type Handphone Nokia seperti yang disebutkan diatas, bila cara pertama tidak berfungsi bisa pakai cara kedua atau kebalikannya. Sekarang tinggal membersihkan virus yang menjangkiti MMC. Silahkan anda ikuti langkah selanjutnya.

Langkah Kedua :
  1. Backup dulu data foto,video, audio(musik) pada MMC ke komputer anda.
  2. Format MMC anda dengan munggunakan komputer dengan system Fat. Jangan pakai Fat 32 takut nantinya tidak terbaca di handphone anda. Bila anda tidak ingin mem format nya bisa langsung loncat ke cara no 4.
  3. Pastikan di komputer anda sudah ter-install anti virus yang bisa mendeteksi virus symbian, seperti Norton atau Avast dengan update virus yang terbaru.
  4. Scan MMC anda menggunakan anti virus yang ter-install di komputer anda. Pastikan virusnya terdeteksi dan di clean oleh anti virus tersebut.Selesai.
  5. Sekarang anda masukan kembali MMC ke handphone anda. dan dengan langkah langkah di atas kini handphone anda sudah sehat dan terbebas dari virus .



**** Semoga Bermanfaat ****


Untuk mendapatkan informasi dan postingan terbaru dari blog ini, silahkan ketikkan email anda di form berlangganan. Gratiiiis...

Berlangganan Lewat RSS

2 komentar:

Anonim mengatakan...

g bisa bosssss.... tetep saja ke lock oleh virusnya!!!! ada trick lain g???

Anonim mengatakan...

I reаlly like it whenevеr people ɡеt together and share opinions.
Greаt site, kеep іt up!

Feel free tο surf tо my site ... sportsbet

Posting Komentar

Biar tambah semangat nulis blognya,ketikkan saran dan komentar. Walaupun singkat tetapi saran dan komentar yang anda berikan sangat berarti buat blog ini.

Ketikkan Karakter Jika Ingin Memasang Emoticon.
:)):)];));;):D;):p:((:):(:X=((:-o:-/:-*:|8-}~x(:-tb-(:-Lx(=))

Artikel Yang Lainnya

 

My Best Friend

Mengenai Saya

Foto saya
Sebagai tempat belajar dan menyimpan arsip jika saya membutuhkannya suatu waktu, dan semoga menjadi ilmu yg Bermanfaat bagi Orang yang membacanya .

Visitor

free counters

Belajar Bersama Copyright © 2009 Template Wanaking Di Desain Ulang Oleh Albaniyu | Blogger Template